Wamenkeu: Internal Auditor Harus Jadi Bagian dari Solusi

By Admin

nusakini.com--Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menegaskan agar Internal Auditor menjadi solusi dari suatu masalah dalam organisasi. “Yang lebih penting, internal auditor (harus menjadi) bagian dari solusi, tidak menambah masalah tapi harus memberi solusi yang strategis, tajam dan lugas,” tegasnya pada pembukaan The Institute Internal Auditors (IIA) Indonesia 2017 National Conference di Intercontinental Hotel, Bandung,kemarin.

Lebih lanjut, Wamenkeu berharap para internal auditor dapat memaksimalkan kemampuan dan pengetahuan serta bisa mengupas permasalahan lebih dalam agar dapat memberikan solusi yang terbaik bagi organisasi serta mengakselerasi pencapaian tujuan organisasi.  

Peran internal auditor sangat penting dan menonjol dalam mewujudkan institusi yang bersih, efektif dan memiliki tata kelola yang baik. Wamenkeu mengibaratkan internal auditor sebagai sapu, untuk membersihkan lantai. Oleh karena itu, sapu tersebut harus bersih dahulu agar tidak memeratakan kekotoran. “Jadi, kita (internal auditor) harus jadi orang yang bersih dan dapat membersihkan, baik dirinya maupun mitra strategic partnernya,” tambahnya. 

Untuk kebersamaan dalam organisasi, Wamenkeu berpendapat internal auditor sebaiknya jangan ditakuti dan dijauhi. Namun sebaiknya, sikap internal kita terbuka selama menanamkan prinsip-prinsip keuangan yang sehat dan internal kontrol yang baik. Bahkan, organisasi ingin mendapatkan masukan serta rekomendasi supaya jadi feedback yang bagus. 

Mengakhiri sambutannya, Wamenkeu mengingatkan agar para internal auditor berani mengatakan ikuti kebenaran, saling menghargai antara auditor dengan institusinya. “Jujur itu adalah bagian dari professional,” tutupnya. (p/ab)